RESEP RISOLES KEJU MOZARELLA ENAK

Cara Membuat Risoles Keju Mozarella Sederhana Spesial Asli Enak. Risoles (bahasa Belanda: rissole) adalah pastri berisi daging, biasanya daging cincang, dan sayuran yang dibungkus dadar, dan digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam. Risoles atau risol masih termasuk golongan aneka jajanan pasar kue basah yang biasa di jajakan di toko kue basah di Indonesia. Hidangan atau sajian ini juga dapat dipanggang di dalam oven, dan disajikan sebagai hors-d'oeuvre atau entrée ringan. Risoles berukuran kecil dapat dipakai sebagai hiasan untuk hidangan dari potongan besar daging unggas atau daging sapi.

Foto Cara Membuat Risoles Keju Mozarella Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Risoles Keju Mozarella

Isi risoles dapat berupa daging ayam, daging sapi, daging ikan, udang, jamur kancing, wortel, kentang, atau buncis. Adonan dadar dibuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, mentega (margarin), dan air atau susu.

Dua jenis risoles yang dikenal di Indonesia adalah risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles berisi ragout. Bentuk kue ini persegi panjang seperti amplop. Risoles berbentuk segitiga umumnya berisi ragout. Risoles dapat dimakan dengan saus kacang encer, sambal botol, atau cabai rawit.

Sejarah asal usul mula risoles dulunya disebut roinsolles, mulai dikenal pada abad ke-13. Pada waktu itu, makanan ini hanya sekadar panekuk yang digoreng di penggorengan memakai mentega atau lemak sapi/lemak babi. Pada perkembangan berikutnya, makanan ini barulah diisi dengan daging cincang.

Dalam istilah kuliner Perancis, verba rissoler berarti menjadikan coklat. Sebuah rissole selalu dibungkus oleh pastri gelembung atau sejenisnya, biasanya digoreng, tetapi kadang-kadang dipanggang di oven. Rasa rissole dapat asin atau manis. Rasa manis didapat dengan menaburinya dengan gula halus dan melengkapinya dengan saus buah. Berikut resep risoles lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah.

RESEP RISOLES KEJU MOZARELLA


BAHAN KULIT :
  • 200 gram tepung terigu
  • 450 cc air
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm margarin, lelehkan
BAHAN ISI :
  • 150 gram keju mozarella, parut kasar
  • 1/2 sdt garam
  • merica, secukupnya
CARA MEMBUAT RISOLES KEJU MOZARELLA :
  1. Buat kulit: campur terigu, air, telur, garam, dan margarin cair dalam satu wadah. Aduk sampai licin, saring bila perlu. Kemudian buat dadar tipis-tipis. Lakukan sampai adonan habis
  2. Ambil satu lembar kulit dadar, beri keju mozarella, garam, dan merica. Lipat seperti amplop, lalu gulung
  3. Goreng dalam minyak panas sedang hingga matang. 
  4. Sajikan selagi panas.

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

RESEP RISOLES KEJU MOZARELLA ENAK