CARA MEMBUAT KETUPAT LEBARAN MUDAH BERGAMBAR

Gambar Ketupat Lebaran

CARA MEMBUAT KETUPAT LEBARAN MUDAH BERGAMBAR LENGKAP
Cara Membuat Ketupat

Menurut Situs Nirlaba Wikipedia Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Makanan khas yang menggunakan ketupat, antara lain kupat tahu (Sunda), Grabag (kabupaten Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat dinamakan Katupa), lotek, serta gado-gado yang dapat dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Ketupat juga dapat dihidangkan untuk menyertai satai, meskipun lontong lebih umum.

Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina juga dijumpai bugnoy yang mirip ketupat namun dengan pola anyaman berbeda.

Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal bersudut 7 (lebih umum) dan jajaran genjang bersudut 6. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda. Untuk membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Nama - nama lain Ketupat :

bahasa Bengkulu: Ketupek
bahasa Bali: tipat
bahasa Banjar: katupat
bahasa Betawi: tupat
bahasa Cebu: puso
bahasa Filipino: bugnoy
bahasa Jawa: kupat
bahasa Kapampangan: patupat
bahasa Makassar: katupa'
bahasa Melayu/Indonesia: ketupat
bahasa Sunda: kupat
bahasa Tausug: ta’mu
bahasa Tolitoli: kasipat
bahasa Minangkabau: katupek
bahasa sasak: topat
bahasa madura: ketopak
bahasa Gorontalo: atupato

BAHAN :
  • Beras, cuci sampai bersih dan tiriskan
  • Bungkus/Anyaman ketupat yang masih kosong
  • Air secukupnya
CARA MEMBUAT KETUPAT ENAK DAN MUDAH :
  1. Beras yang sudah Anda cuci direndam di air selamat kurang lebih 3 jam. Kemudian tiriskan dan campurkan dengan sedikit kapur sirih. Kapur sirih digunakan untuk membantu proses pemadatan.
  2. Masukkan beras ke dalam bungkus/anyaman ketupat. Porsi beras tidak lebih dari 2/3 bagian isi.
  3. Didihkan air, kemudian masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Rebus kurang lebih selama 4 sampai 5 jam sampai matang. Dan pastikan ketupat selalu terendam. Anda bisa menambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.
  4. Angkat, kemudian siram dengan air matang dingin agar kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

CARA MEMBUAT KETUPAT LEBARAN MUDAH BERGAMBAR