RESEP FETTUCINI AGLIO OLIO MASAKAN ITALIA

FETTUCINI AGLIO E OLIO

RESEP DAN CARA MEMBUAT FETTUCINI AGLIO E OLIO ENAK. Resep Masakan Italia Fettuccine adalah salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia negeri Valentino Rossi sono dan Capuccino. Pasta sendiri adalah makanan olahan yang banyak digunakan pada masakan Italia dan berasal dari campuran tepung terigu, telur, air dan garam. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus. Pasta mempunyai beragam bentuk dan ukuran. Konon katanya di Italia sendiri ada lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta pasta jenis baru (Wikipedia).
Di negara Indonesia sendiri, pasta yang populer adalah pasta spaghetti, makaroni dan lasagna. Kita dapat dengan mudah mendapatkan menu-menu pasta populer tersebut di berbagai resto italiano dan bahkan sekarang banyak pula olahan pasta homemade dengan berbagai variasinya. Di Indonesia, fettuccine memang kalah populer dibandingkan dengan spaghetti. Fettuccine berbentuk pipih seperti kwetiau namun lebih tebal. Rasanya menurutku sama saja dengan spaghetti. Karena bentuknya yang pipih dan tebal ini, untuk merebusnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan apabila kita merebus spaghetti.

Biasanya kita mengolah fettuccine atau spaghetti dengan tambahan kuah saus bolognese. Kalau kita tidak mempunyai stok saus bolognese di rumah, mungkin bisa mencoba yang satu ini fettuccine aglio e olio atau bila memakai spaghetti tentunya menjadi spaghetti aglio e olio.

Aglio e olio dalam bahasa Italia berarti garlic and oil atau bawang putih dan minyak olive. Spaghetti / fettuccine aglio e olio merupakan salah satu menu tradisional Italia yang konon berasal dari daerah Abruzzo. Dibandingkan dengan olahan pasta yang memakai saus bolognese, menu yang satu ini rasanya lebih minimalis tentunya karena hanya memakai bawang putih dan olive oil. Biasanya ditambahkan pula cabai bubuk, parsley sebagai garnish dan taburan keju parmesan untuk memperkaya rasa. Dalam resep tradisional pasta aglio e olio, memang tidak memakai tambahan keju. Pasta aglio e olio bisa dipadukan dengan seafood, smoked beef ataupun ayam. Kali ini Mba Nina mencoba membuat olahan fettuccine aglio e olio dengan memakai smoked beef. Karena tidak mempunyai parsley, jadi Mba Nina pakai saja irisan seledri sebagai garnishnya. Aku tambahkan juga kacang polong beku, irisan cabe merah dan parmesan cheese. Semula aku mengira rasanya akan sangat biasa saja, tapi ternyata rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan pasta yang memakai saus bolognese. Rasanya memang terasa lebih light karena bumbu-bumbu yang minimalis Ala Mba Nina banget.

Minyak Olive atau minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol) (Wikipedia).

FETTUCCINE AGLIO E OLIO atau FETTUCINI AGLIO OLIO (Catatan Mba Nina)

BAHAN :
  • 200 gr pasta fettuccine (pastanya kalau mau diganti sama spaghetti juga boleh tergantung selera)
  • 1 liter air
  • 2 sdm olive oil
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 1 cebe merah, buang bijinya dan iris tipis
  • 3 lembar smoked beef, potong memanjang
  • 2 sdm kacang polong beku
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica hitam
  • 1/2 sdt gula pasir
BAHAN TABURAN :
  • parsley cincang (aku gak punya)
  • 1 sdm keju parmesan parut
CARA MEMBUAT FETTUCINI AGLIO OLIO :
  1. Rebus pasta hingga al dente (matang tapi belum terlalu lembek). Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan irisan cabe hingga harum.
  3. Masukkan smoked beef dan kacang polong. Aduk rata. Bumbui dengan garam, merica hitam dan gula pasir.
  4. Masukkan pasta fettuccine, aduk sebentar hingga rata. Test rasa hingga sesuai selera.
  5. Angkat dan hidangkan panas dengan taburan parsley dan keju parmesan parut.
TIPS & TRICKS :
  • Apabila memakai keju parut, hati-hati dalam penggunaan garam ya agar tidak terlalu asin.
  • Bisa juga kalau tidak memakai merica, jadi hanya memakai bumbu garam dan gula

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

RESEP FETTUCINI AGLIO OLIO MASAKAN ITALIA