RESEP ADONAN DASAR MUFFIN ENAK

CARA MEMBUAT BAHAN ADONAN DASAR KUE MUFFIN ENAK. Kue kertas ini cocok jika di hidangkan untuk saudara-saudara kita yang berkunjung di waktu Hari Raya Idul Fitri atau lebaran dan natal. Jadi Anda bisa bikin sendiri di rumah mudah, praktis dan ekonomis tidak perlu membelinya di breadtalk. Sekarang Variasi Kue Muffin ncc ini sangat banyak maupun teknik memasaknya sangat beragam ada yang dipanggang menggunakan oven ada juga yang dikukus, ada muffin keju, pisang, coklat.

Adonan Dasar Kue Muffin

Muffin merupakan aneka kreasi kue khas negeri Inggris dan lahir pada zaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk olahan gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.

Cara makannya pun unik, harus disobek dulu dan diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar citarasanya lebih bervariasi, permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri. Amerika juga punya muffin, tetapi bahan pengembangnya menggunakan baking powder dengan proses dipanggang. Bahan utama tepung biasanya dapat diganti dengan tepung jagung.

Muffin dan cupcake mirip. Keduanya berupa kue yang ditempatkan dalam mangkuk kertas. Biasanya, orang-orang membedakan cupcake dan muffin berdasarkan ada atau tidaknya frosting di atas kue. Ternyata, perbedaannya juga mencakup cara membuat adonan dasarnya.

Cupcake juga sedap bisa dikatakan sebagai miniatur cake dan tergolong dessert. Pilihan rasanya manis, seperti vanila, cokelat, dan red velvet. Teksturnya lembut, empuk, dan ringan karena mengandung mentega dan telur. Yang pasti, di atasnya selalu ada olesan berupa krim, keju atau cokelat.

Teknik membuat cupcake disebut creaming. Creaming dilakukan dengan mengocok lemak padat seperti mentega, atau margarin dengan gula. Pastikan lemak tersebut sudah bersuhu ruangan agar lebih mudah larut dengan gula.

Menurut situs She Knows (16/04/13), mengocok adonannya dapat dilakukan dengan sendok kayu, kocokan kawat (whisk), mikser tangan atau stand mixer. Namun, pastikan Anda memasang paddle (kocokan yang pipih), bukan kocokan kawat, karena nantinya adonan akan mengandung terlalu banyak udara.

Seperti dalam pembuatan cake dan cookies, metode ini menciptakan gelembung-gelembung udara kecil yang membuat remahannya lembut. Namun, pastikan Anda tidak melakukan pengocokan terlalu lama karena menteganya akan meleleh. Hal ini juga bisa merusak gelembung udara dan adonan menjadi berminyak. Jika dipanggang cake akan bantat atau mengeras.

Bagaimana dengan muffin lezat? Selain tak berfrosting, muffin dicirikan dengan teksturnya yang lebih padat dan basah. Rasanya tak terlalu manis, bahkan terkadang dibuat versi gurihnya.

BAHAN ADONAN DASAR :

BAHAN A :
  • 4 btr telur ayam
  • 320 gr gula pasir
BAHAN B :
  • 475 gr tepung terigu
  • 2 sdm baking powder/double acting
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt vanili bubuk
BAHAN DASAR C :
  • 200 cc susu segar
  • 200 cc mentega cair
BAHAN ISI ( FILLING ) :
  • 1 resep muffin, memerlukan 1/4 kg bahan dasar filling/isi atau sesuai selera.
CARA MEMBUAT KUE MUFFIN ENAK :
  1. Siapkan oven, panaskan
  2. Siapkan wadah dan mixer, kocok bahan A hingga mengembang, matikan mixer.
  3. Masukkan bahan B lalu aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Masukkan bahan C lalu aduk hingga tercampur rata.
  5. Siapkan cetakan/papper cup muffin, masukkan adonan kedalamnya, kerjakan hingga selesai.
  6. Oven muffin hingga matang dan mekar, angkat dinginkan.

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

RESEP ADONAN DASAR MUFFIN ENAK