RESEP KUE KAMIR KELAPA TANPA TAPE ALA BOGASARI

Cara Membuat Kue Kamir Kelapa Bogasari Tanpa Tape Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Kue Kamir atau kue khamir merupakan makanan khas Pemalang asal negaranya Arab. Kue tradisional ini biasanya terbuat dari buah pisang ambon atau tape. Tapi Bogasari menyajikan dengan modifikasi kelapa parut dengan kata lain resep kamir tanpa tape atau bisa juga resep kamir tanpa pisang.

Dikutip dari situs Wikipedia. Kamir, terkadang juga ditulis kue Khamir, adalah makanan khas Pemalang asal negara Arab. Kue ini terbuat dari adonan terigu, mentega, dan telur, terkadang dicampur dengan bahan seperti pisang ambon atau tape. Kamir ada dua jenis, yaitu kamir beras dan kamir terigu. Dipasaran kota Pemalang lebih banyak kamir terigu karena yang tahan lama sedangkan kamir beras hanya berdasarkan pesanan. Beberapa orang menyebutnya dengan nama Samir yang lezat.

Foto Cara Membuat Kue Kamir Kelapa Bogasari Tanpa Tape Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Kue Kamir Kelapa Bogasari Tanpa Tape

Bentuk kamir kue Arab yaitu bulat atau bundar, pipih berwarna coklat dan hampir menyerupai kue apem Jawa atau serabi manis tetapi sedikit lebih besar dan bantet. Ada juga yang bilang mirip dengan kue dorayaki isi kacang merah khas Jepang yang menjadi makanan Doraemon dalam film serial Doraemon, karena ada juga khamir yang diberi aneka kreasi dan variasi olahan kamir dengan ditambah bahan isian, misalnya kue kamir isi coklat, selai, dan keju. Sedangkan ukurannya bervariasi, yang terbesar sampai sebesar lingkaran piring makan. Sedangkan terkecil sebesar lingkaran mangkok. Ukuran-ukuran itu tergantung pemesannya. Bahkan pernah akan dibuat ukuran raksasa tetapi gagal karena tidak matang secara merata.

Menurut sejarah asal usul mula kue kamir ini. Menurut cerita, orang pertama yang membuat kue kamir adalah seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo, yang dikenal juga dengan sebutan Kampung Arab. Nama kamir itu sendiri tidak jelas berasal dari nama apa. Apakah berasal dari kata khamer (bahasa Arab) yang berarti memabukan atau dari nama orang keturunan Arab itu sendiri.

Tetapi yang mendekati kemungkinan adalah nama Kamir berasal dari kata Khamir yang dalam bahasa Arab berarti ragi, dalam proses pembuatan kue kamir ini sebelum dimasak, terlebih dahulu didiamkan semalam agar bisa mengembang dengan sempurna dan tejadinya proses fermentasi. Berikut resep kamir kelapa tanpa tape step by step anti gagal lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) untuk konsumsi sendiri dan juga untuk dijual untuk usaha jualan kue kamir yang cantik, unik dan menarik pembeli.

RESEP KUE KAMIR KELAPA


BAHAN :
  • 350 gram terigu Segitiga Biru
  • 100 gram kelapa parut
  • 5 gram baking powder
  • 2 gram garam
  • 150 gram gula pasir
  • 50 gram santan
  • 200 gram air
  • 3 butir telur
  • 3 butir kuning telur
  • 50 gram minyak goreng Bimoli
CARA MEMBUAT KUE KAMIR KELAPA :
  1. Campur kelapa parut, terigu Segitiga Biru, baking powder dan garam, aduk rata.
  2. Masukkan santan yang sudah direbus, air, telur, kuning telur dan air aduk hingga rata.
  3. Tambahkan minyak goreng sambil diaduk sampai tercampur rata lalu diistirahatkan 15 menit.
  4. Panaskan cetakan kue khamir, dengan api kecil lalu,
  5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan, tutup dengan tutup cetakan kue kamir.
  6. Setelah matang, angkat dan hidangkan . Agar lebih menarik, tambahkan nangka atau irisan kelapa muda sesuai selera pada bagian atas.

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

RESEP KUE KAMIR KELAPA TANPA TAPE ALA BOGASARI