RESEP AGAR-AGAR GULA MERAH LEMBUT BERSANTAN



RESEP AGAR-AGAR GULA MERAH BERSANTAN LEMBUT. Agar-agar, agar atau agarosa adalah zat yang biasanya berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Di Jepang dikenal dengan nama kanten dan oleh orang Sunda disebut lengkong. Jenis rumput laut yang biasa diolah untuk keperluan ini adalah Eucheuma spinosum (Rhodophycophyta). Beberapa jenis rumput laut dari golongan Phaeophycophyta (Gracilaria dan Gelidium) juga dapat dipakai sebagai sumber agar-agar. Agar-agar dieksport dari Melaka sejak 1871.

Agar-agar sebenarnya adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan diperjualbelikan.

Gel terbentuk karena pada saat dipanaskan di air, molekul agar-agar dan air bergerak bebas. Ketika didinginkan, molekul-molekul agar-agar mulai saling merapat, memadat dan membentuk kisi-kisi yang mengurung molekul-molekul air, sehingga terbentuk sistem koloid padat-cair. Kisi-kisi ini dimanfaatkan dalam elektroforesis gel agarosa untuk menghambat pergerakan molekul objek akibat perbedaan tegangan antara dua kutub. Kepadatan gel agar-agar juga cukup kuat untuk menyangga tumbuhan kecil sehingga sangat sering dipakai sebagai media dalam kultur jaringan.

Berikut contoh resep penerapan Agar-agar yang dipadu dengan gula merah, santan dan air sehingga menyajikan makanan yang enak dan bergizi kaya serat.

BAHAN :
  • 1 bungkus agar-agar tanpa warna
  • 200 ml santan
  • 200 gram hula merah dan iris halus
  • 600 ml air
CARA MEMBUAT AGAR-AGAR GULA MERAH LEMBUT :
  1. Campur agar-agar, santan, gula merah, dan air hingga rata. Kemudian masak dengan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk.
  2. Tuang agar-agar ke dalam cetakan. Tunggu hingga uap panasnya hilang. Masukkan ke dalam lemari pendingin. Jika sudah mengeras sajikan.

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

RESEP AGAR-AGAR GULA MERAH LEMBUT BERSANTAN