RESEP KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO

Kue Lumpur Sidoarjo

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO. Beragam cara bisa dilakukan para ibu-ibu untuk menyajikan kudapan di tengah keluarga. Kali ini Komunitas Langsung Enak membagi resep membuat kue Lumpur Sidoarjo Jawa Timur yang dipraktikkan langsung oleh Nina Yusab, anggota Komunitas Langsung Enak dalam acara demo masak di Nova Ladies Fair 2013 di Plaza Barat Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11/2013).

Berikut ini bahan serta cara pembuatan kue Lumpur Sidoarjo :

BAHAN :
  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung beras
  • 2.250 mililiter santan
  • 500 gram telur, kocok lepas (tidak digabung dengan tepung)
  • 350 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Setengah sendok teh vanili.
CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO :
  1. Dalam membuat kue Lumpur Sidoarjo yang paling penting adalah bagaimana cara memanggang. Karena kue Lumpur Sidoarjo dimasak tidak hanya menggunakan cetakan kue biasa yang berbentuk bundar, tetapi juga tempat bara arang yang diletakkan di bagian atas cetakan yang sudah tertuang adonan kue Lumpur Sidoarjo.
  2. Api (kompor) yang bagian bawah berfungsi untuk mematangkan adonan yang bawah, sedangkan bagian atasnya dimatangkan dengan arang yang ditaruh di dalam tempat khusus. Jadi, atas dan bawah sama-sama terpanggang.
  3. Untuk menggunakan cetakan kue yang dipanggang langsung di atas kompor, Menyarankan agar memanaskannya terlebih dahulu agar adonan yang matang nanti tidak lengket saat diangkat.
  4. Sebelum adonan dituangkan, sebaiknya dipanaskan dengan minyak yang dipoleskan ke cetakan, sampai minyaknya menggenang sedikit di cetakan. Setelah panas baru masukkan adonan.
  5. Biasanya cetakan tidak lengket setelah dua sampai tiga kali dipakai. Cara pengangkatan adonan juga memerlukan ketelitian agar adonan tidak hancur saat diangkat untuk disajikan. Karena pembuatan kue Lumpur Sidoarjo hanya memerlukan waktu lima menit sehingga hasilnya masih sedikit basah namun matang di bagian bawah.
  6. Angkatnya pakai dua alat, jadi, diangkat sampai bawah lalu tahan, baru yang satunya lagi angkat bagian lain, diputar sampai adonan benar-benar terpisah dari cetakan, lalu angkat.
  7. Selain polos di bagian atas, kue Lumpur Sidoarjo juga bisa disajikan dengan beragam topping atau isi di atasnya seperti kelapa muda atau kismis, semua tergantung dari selera Anda untuk memberikan rasa atau kenikmatan dalam keluarga.
  8. Alat untuk bara arangnya bisa dipesan ke NINA, satu alat harganya Rp 100.000 sudah bonus tongkat untuk mengangkat dan meletakkan alat ke atas cetakan. Pemesanan bisa langsung hubungi NINA ke 081280298126.

Share
Share
Share
Berlangganan Artikel Pada Blog Ini Yuk! Masukkan Email Valid

RESEP KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO